Sabtu, 5 Oktober 2024

Biden Perintahkan Militer AS Tembak jatuh Rudal Iran yang Targetkan Israel

Cibubur, Rasilnews – Presiden AS Joe Biden memerintahkan pasukan Amerika untuk mencegat dan menembak jatuh rudal yang diluncurkan dari Teheran.

Gedung Putih mengeluarkan pernyataan tersebut tak lama setelah Iran menembakkan lebih dari 200 rudal balistik ke lokasi-lokasi penting Israel, termasuk Tel Aviv, ketika ketegangan di Timur Tengah terus meningkat.

Gedung Putih mengonfirmasi bahwa Presiden Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris sedang memantau situasi dari Situation Room. “Kami berkomitmen untuk membela sekutu kami, dan setiap serangan terhadap Israel tidak akan dibiarkan begitu saja,” kata pernyataan itu.

Ini bukan pertama kalinya militer AS berperan aktif dalam melawan ancaman rudal di kawasan. Selama serangan Iran sebelumnya terhadap Israel pada bulan April, pasukan Amerika berperan penting dalam mencegat rudal yang masuk, yang menunjukkan dukungan Washington terhadap upaya pertahanan Israel.

AS telah meningkatkan kehadiran militernya di kawasan ini dalam beberapa bulan terakhir, menempatkan pasukan dan peralatannya untuk merespons dengan cepat setiap eskalasi. Pentagon telah memantau dengan cermat milisi dukungan Iran di Irak dan Suriah, yang sebelumnya menargetkan pangkalan militer AS di wilayah tersebut.

The Washington Post, mengutip tiga pejabat Pentagon yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa pasukan Amerika yang ditempatkan di Timur Tengah tidak menjadi sasaran serangan rudal Iran terbaru. Hal ini terjadi setelah sejumlah insiden dalam beberapa tahun terakhir di mana kelompok Irak yang terkait dengan Iran menembakkan roket ke pangkalan militer yang menampung tentara AS di Irak dan Suriah.

Eskalasi terbaru terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Iran, menyusul pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, sekutu Iran, awal bulan ini. Ketika kawasan ini bersiap menghadapi perkembangan lebih lanjut, AS telah mengambil tindakan tegas

By Admin

Mungkin Anda Juga Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *